Beberapa tips nge-gym untuk pemula

  Baik guys pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips nge-gym untuk pemula.Nge-gym merupakan salah satu aktivitas yang bisa menjaga kesehatan dan kebugaran Anda.



  Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak orang yang rutin nge-gym mengalami penurunan berat badan. Tentu saja ini hanya terjadi jika aktivitas nge-gym dilakukan dengan benar dan teratur. Namun bagi Anda yang masih pemula, tak perlu langsung menjalani jadwal gym yang berat.

  Dalam olahraga apapun, perlu diingat bahwa penting bagi teman-teman untuk mengenal risiko-risiko cedera. Jangan lupa juga untuk tidak berlatih berlebihan.

  Berikut beberapa tips nge-gym yang bisa teman-teman lakukan agar tidak cedera dan bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

1. Mulai secara perlahan-lahan

‎  Ketika Anda baru mulai nge-gym, jangan langsung melakukannya 5 hari seminggu, itu bisa jadi bencana untuk teman-teman. Mulailah perlahan-lahan.Akan lebih baik bila Anda melakukannya secara bertahap beberapa hari sekali.

2. Jangan lupakan peregangan

  selain pemanasan, jangan lupa melakukan peregangan otot sebelum dan setelah melakukan latihan di gym. Pemanasan dan peregangan akan mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

3. Jangan cuma satu bidang

  Saat latihan di gym, kita bisa melakukan aktivitas apapun sesuai dengan target kesehatan dan kebugaran yang ingin dicapai. Sama halnya dengan berolahraga di rumah atau di luar ruangan,jangan lupa untuk melakukan beragam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk kebugaran tubuh, seperti aerobik, olahraga kekuatan, fleksibilitas, dan olahraga keseimbangan. Begitupun saat menjalani latihan kekuatan, jangan hanya fokus pada satu area tubuh saja seperti lengan atau dada. Beri perhatian yang sama pada semua area tubuh Anda misalnya perut, betis, bahu, punggung, dan sebagainya.

4. Ketahui berat beban dan cara yang
benar menggunakan alat fitness

  Kebanyakan orang bingung ketika pertama kali masuk gym.jika teman-teman tidak tahu bertanyalah. Di gym ada banyak orang yang akan membantu program fitness teman-teman dengan alat-alat yang ada di gym, dan dengan bertanya akan membantu teman-teman terhindar dari cedera.Kebanyakan gym punya banyak petugas yang siap siaga untuk membantu teman-teman menjelaskan bagaimana cara yang benar menggunakan alat tertentu, sekaligus memberi tahu apa fungsi alat tersebut.

5. Perhatikan waktu untuk beristirahat

  Anda mungkin berpikir nge-gym setiap hari itu baik. Padahal, kita perlu istirahat juga untuk mengimbangi waktu olahraga, karena bila tidak ada waktu istirahat, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri.Jika teman-teman merasa sakit atau nyeri setelah nge-gym, itu baik, karena artinya otot teman-teman sudah mulai merasakan efeknya.

  Itu lah beberapa tips-nya semoga bermanfaat

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bajra Sandhi

Makanan yang wajib dicoba saat liburan di Bali